suport@amikom.ac.id

Berita & Acara

Judul Skripsiku Ditolak, Kenapa Ya ?

Ditulis oleh: Admin S1-Sistem Informasi Kategori 28 Oktober 2022

Judul Skripsiku Ditolak,  Kenapa Ya ?

Ada berbagai kemungkinan yang menyebabkan judul skripsi anda tidak disetujui oleh Program Studi. Judul skripsi merupakan salah satu unsur yang merepresentasikan tujuan dan isi penelitian yang dilakukan. Berikut merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat mengajukan judul skripsi. Karena hal-hal berikut merupakan faktor penyebab judul skripsi anda ditolak.

 

  • Ruang Lingkup Penelitian yang Terlalu Luas

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh peneliti pemula ialah ruang lingkup  penelitiannya terlalu luas. Hal ini tentu saja menyebabkan tidak fokus dan cenderung tidak menyelesaikan permasalahan yang diteliti. 

 

  • Topik Penelitian Sudah Kadaluarsa

Topik penelitian yang kadaluarsa biasanya sudah banyak solusi penyelesaiannya dari permasalahan yang ada pada topik penelitian tersebut, sehingga urgensi penelitiannya tidak ada dan tidak memiliki relevansi dengan fenomena yang ada pada saat ini.

 

  • Antara Masalah Dengan Motede Yang Dipakai Tidak Sesuai

Kesalahan fatal dalam pengajuan judul ataupun proposal penelitian yang sering dilakukan ialah ketidaksinkronan antara permasalahan yang dihadapi dengan usulan metode yang diusulkan. Sehingga hal tersebut membuat penelitian yang dilakukan menjadi kacau dan tidak selesai.

 

  • Level Judul Belum Memenuhi Kriteria S1

Menurut peraturan Kemendikbud-dikti, seorang lulusan sarjana strata-1 harus memenuhi KKNI level 6 yang mana seorang lulusan sarjana strata-1 harus mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. Selain itu seorang lulusan sarjana strata-1 harus menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

 

Untuk mengantisipasi penolakan tersebut ada dua (2) hal yang harus diperhatikan yaitu.

  1. Konsultasikan judul atau proposal penelitian anda kepada calon dosen pembimbing anda. Perhatikan dan pelajari setiap masukan dan saran dari calon dosen pembimbing.

  2. Rajin membaca literature/referensi ilmiah dari berbagai sumber seperti : Scopus, Scholar, Sinta dan sumber-sumber ilimiah lainnya. Pastikan literature/referensi yang dicari dan dibaca ialah termutakhir selama 3-5 tahun terakhir. Baca dan pelajari secara baik isi dari setiap literature/referensi tersebut.

 

Berikut merupakan pengajuan judul skripsi yang ditolak.

File Attachments

Galeri Gambar

© 2021 Copyright: UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA All Right Reserved.