Deskripsi Studi Independen

Studi independen merupakan program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri yang menyediakan pengetahuan dan keterampilan dengan tingkat relevansi tinggi di dunia kerja dan dunia usaha dalam bentuk kursus singkat (short course), kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan lainnya, yang dilanjutkan dengan kegiatan kolaborasi bersama dengan sesama peserta maupun personil organisasi mitra dalam suatu proyek atau studi kasus. Dan mahasiswa bisa mempelajari spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan, dapat berinteraksi dengan pakar untuk memahami penerapannya,dan mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil. Program ini dapat diambil pada semester 5, 6, 7 atau 8. Untuk Program Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka akan dikonversi sebanyak 20 SKS sesuai capaian pembelajaran (cek gambaran konversi). Hasil produk bisa diajukan ke jalur non skripsi [SELENGKAPNYA]. Buku saku kampus merdeka dapat diakses pada link buku saku 

 

Syarat Studi Independen

  1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.

  2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

  3. Mahasiswa aktif pada jenjang S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai, minimal semester 5

  4. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

  5. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

  6. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.

  7. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.

  8. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbud Ristek  dapat mengikuti program magang dengan ketentuan  besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari  bantuan biaya hidup yang diterima dari  beasiswa kemdikbud ristek.

  9. Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Alur Studi Independen

 

    1. Cek gambaran program di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program > pilih program

    2. Pilih program studi independen dan daftar di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/studi-independen  

    3. Verifikasi pengguna sudah terdaftar atau belum di web MBKM

    4. Lengkapi pendaftaran

    5. Mengajukan surat rekomendasi di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

    6. Cek status surat rekomendasi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

    7. Daftar sesuai tanggal pendaftaran

    8. Ikut seleksi

    9. Jika diterima melengkapi administrasi sesuai kebutuhan

    10. Mengajuan DPI pada https://fik.amikom.ac.id/page/mbkm, Prodi alokasi, mengecek alokasi DPI pada https://fik.amikom.ac.id/page/mbkm  

       

    11. Daftar pada inapsi.amikom.ac.id
    12. Mengajukan usulan konversi inapsi.amikom.ac.id > pilih usulan konversi kegiatan MBKM

    13. Melaksanakan kegiatan

    14. Mencatat kegiatan di web MBKM dan logbook di inapsi.amikom.ac.id

    15. Menyusun laporan

    16. Upload laporan di web MBKM dan inapsi.amikom.ac.id

    17. Ajukan klaim konversi di inapsi.amikom.ac.id > pilih klaim nilai konversi dan laporan

    18. Mengecek hasil konversi pada riwayat konversi

 

Alur Studi Independen Mandiri

  1. Mendapatkan penawaran studi independen dari mitra kemendikbud
  2. Mengajukan surat rekomendasi di https://fik.amikom.ac.id/page/layanan-administrasi
  3. Cek status surat rekomendasi https://fik.amikom.ac.id/page/status-pengajuan-layanan
  4. Setelah benar-benar diterima, Melakukan pengajuan DPL https://fik.amikom.ac.id/page/pengajuan-surat&nbsp
  5. Daftar ke platform MBKM Prodi SI https://inapsi.amikom.ac.id/
  6. Mengajukan usulan konversi inapsi.amikom.ac.id  > pilih usulan konversi kegiatan MBKM
  7. Melaksanakan kegiatan
  8. Mengisi Logbook kegiatan di https://inapsi.amikom.ac.id/
  9. Menyusun laporan dan upload laporan di inapsi
  10. Ajukan klaim konversi inapsi.amikom.ac.id > pilih klaim konversi dan laporan
  11. Melihat hasil konversi pada menu riwayat

 

Catatan = 

  1. Pertanyaan terkait konversi bisa ke si@amikom.ac.id

  2. Pertanyaan terkait surat rekomendasi dan SPTJM bisa tanyakan ke https://www.instagram.com/mbkm.amikom/

  3. Pertanyaan terkait perbaikan data surat bisa ke hotline fakultas http://wa.me/+628112503444 

  4. Mahasiswa disarankan mengikuti MBKM di semester 6 atau 7 atau 8