Program Studi Sistem informasi mempunyai 2 pilihan jalur kelulusan yaitu Jalur Skripsi dan Jalur Non Skripsi  

 

Jalur Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat (disusun) oleh mahasiswa program Strata 1 (S1) untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah/ metode rancangan baru, yang bertujuan sebagai syarat akhir kelulusan pendidikan akademiknya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Skripsi di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta merupakan karya ilmiah yang berupa laporan penelitian yang ditulis dan disusun oleh mahasiswa S1 sebagai persyaratan akhir pendidikan akademisnya dengan bobot 6 SKS. Untuk informasi lebih detail silahkan klik menu warna biru dibawah ini.

Informasi Tambahan:

  1. Panduan Penyusunan Laporan Skripsi
  2. Template Laporan Skripsi Prodi Sistem Informasi

 


 

Jalur Non Skripsi 

Jalur Non Skripsi merupakan salah satu jalur yang dapat digunakan untuk syarat kelulusan mahasiswa selain skripsi. Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Nomor 004/PR.REK/AMIKOM/VII/2020 tentang Penyelenggaraan Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta, Terdapat 4 jalur non skripsi yaitu Scientist, Profesional, Entrepreneur, dan Artist. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung visi misi Amikom menuju lembaga pendidikan Generasi ke 4.0.

Adapun penjelasan singkat Jalur Non Skripsi yang dapat diambil oleh mahasiswa Prodi Sistem Informasi, adalah sebagai berikut:

  1. Scientist : Melalui publikasi karya ilmiah hasil penelitian pada publisher/penerbit sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Jalur ini merupakan jalur kolaborasi riset antara mahasiswa bersama dosen.
  2. Profesional : Melalui lomba & program magang, Pada Prodi SI menambahkannya dengan kategori mengambil sertifikasi, melalui pengakuan eksternal (freelancer yang terdaftar pada situs resmi) serta melalui jalur karyawan yang terdaftar pada perusahaan tertentu.
  3. Entrepreneur : Melalui business plan sebuah startup milik mahasiswa yang merupakan bisnis di bidang ICT. Business plan lebih menekankan pada potensi bisnis yang dimiliki seperti: profit yang telah diperoleh, banyaknya pengguna aktif (user active), pendanaan/permodalan (funding) yang pernah didapat, omset yang telah didapatkan, prediksi keuangan, dan rencana pengembangan yang jelas.
  4. Artist : Merupakan jalur khusus bagi mahasiswa yang memiliki keahlian dalam bidang multimedia sehingga semua kategori yang dituju berkaitan dengan bidang multimedia. Adapun kategori pada jalur ini yaitu mengambil sertifikasi, melalui pengakuan eksternal (freelancer yang terdaftar pada situs resmi), melalui jalur karyawan yang terdaftar pada perusahaan tertentu, serta kategori yang diwajibkan melalui koordinasi dengan prodi seperti Contest, Jasa Stock, Youtuber dan Terlibat dalam Pembuatan Film

 

Syarat Umum:

  1. Mahasiswa aktif prodi Sistem Informasi
  2. Telah menempuh minimal 138 sks
  3. Tidak ada nilai E
  4. Jika ada nilai D tidak lebih dari 25% dari total SKS
  5. Minimal nilai C untuk Mata Kuliah : Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia.
  6. Memiliki produk (Aplikasi/Sistem Informasi/Video/AR/VR/MR/Game) yang akan diklaim pada jalur non reguler 

 

Alur Pengajuan:

  1. Membuat proposal sesuai dengan format dari program studi
  2. Mengirimkan proposal ke form, hasil akan diinfokan melalui email.
  3. Jika disetujui maka ajukan judul ke DAAK sesuai ketentuan
  4. Membuat laporan dan proses pembimbingan dengan dosen pembimbing
  5. Daftar ujian pendadaran sesuai dengan ketentuan yang belaku
  6. Jika ujian dinyatakan lulus, selanjutnya daftar yudisium

 

Informasi Tambahan:

  1. Panduan Penyusunan Laporan Non Skripsi
  2. Template Proposal Jalur Non Skripsi
  3. Form Pengajuan Proposal Jalur Non Skripsi
  4. Template Jalur Artist
  5. Template Jalur Entrepreneur
  6. Template Jalur Profesional
  7. Template Jalur Scientist

 


 

Informasi & Download