- Mahasiswa aktif prodi Sistem Informasi
- Telah menempuh minimal 138 sks
- Tidak ada nilai E
- Jika ada nilai D tidak lebih dari 25% dari total SKS
- Minimal nilai C untuk Mata Kuliah : Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia.
Panduan pembimbingan skripsi berisi informasi mengenai topik jalur reguler (berdasarkan konsentrasi) dan non reguler, serta kewajiban mahasiswa reguler maupun non reguler. Selain itu juga terdapat informasi mengenai kewajiban dosen pembimbing reguler dan non reguler, serta contoh penerapan bimbingan sistematis. Panduan tata tulis dapat diakses dengan login email Amikom. Program Studi Sistem informasi mempunyai 2 pilihan jalur kelulusan yaitu Jalur Skripsi dan Jalur Non Skripsi. Untuk proses mulai dari pengajuan SPD hingga bukti ACC Pendadaran dilakukan melalui aplikasi inapsi menu bimbingan skripsi.
Skripsi adalah karya ilmiah yang harus dibuat (disusun) oleh mahasiswa program Strata 1 (S1) untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan atau teknologi dibidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah/ metode rancangan baru, yang bertujuan sebagai syarat akhir kelulusan pendidikan akademiknya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di Indonesia. Skripsi di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta merupakan karya ilmiah yang berupa laporan penelitian yang ditulis dan disusun oleh mahasiswa S1 sebagai persyaratan akhir pendidikan akademisnya dengan bobot 6 SKS. Untuk informasi lebih detail silahkan klik menu warna biru dibawah ini.
- [TERBARU] Manual Penggunaan Aplikasi INAPSI Bimbingan Skripsi - untuk Mahasiswa [update 4 feb 2025]
- [TERBARU] Manual Penggunaan Aplikasi INAPSI Bimbingan Skripsi - untuk Dosen [update 4 feb 2025]
- Panduan Tata Tulis Penyusunan Laporan Skripsi
- Template Laporan Skripsi Prodi Sistem Informasi [Update 3 September 2024]
- Topik Skripsi
Jalur Non Reguler merupakan salah satu jalur yang dapat digunakan untuk syarat kelulusan mahasiswa selain skripsi. Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Nomor 004/PR.REK/AMIKOM/VII/2020 tentang Penyelenggaraan Program Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta, Terdapat 5 jalur non reguleryaitu Scientist, Profesional, Entrepreneur, Digital Artist dan Lomba. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung visi misi Amikom menuju lembaga pendidikan Generasi ke 4.0. Jalur Non reguler dibagi menjadi 2:
-
Jalur Scientist: Mahasiswa dapat klaim jika membuat publikasi penelitian bersama dosen.
-
Jalur Non Scientist:
- Profesional IT:
- Magang IT
- Profesional IT
- Online/Offline IT Freelancer
- Entrepreneur: Implementasi/inovasi produk IT untuk startup atau business plan
- Digital Artist:
- Magang Digital Artist
- Profesional Digital Artist
- Online/Offline Digital Artist Freelancer
- Content Creator
- Lomba: Prestasi lomba bidang ICT, tingkat regional, nasional, atau internasional
- Profesional IT:
- Membuat proposal (update Maret 2024) sesuai dengan format dari program studi. Proposal wajib memiliki produk (Aplikasi/ Sistem Informasi/ Video/ AR/ VR/ MR/Game) yang akan diklaim pada jalur non reguler [SELENGKAPNYA]
- Mengirimkan proposal (update Maret 2024) ke inapsi, hasil akan diinfokan melalui email.
- Jika disetujui maka ajukan judul ke DAAK sesuai ketentuan
- Membuat laporan dan proses pembimbingan dengan dosen pembimbing
- Daftar ujian pendadaran sesuai dengan ketentuan yang belaku
- Jika ujian dinyatakan lulus, selanjutnya daftar yudisium
- Pengajuan (selalu dibuka); Review (tiap tanggal 11 - akhir bulan); Pengumuman (sesuai tanggal review)
- [TERBARU] Manual Penggunaan Aplikasi INAPSI Bimbingan Skripsi - untuk Mahasiswa [update 4 feb 2025]
- [TERBARU] Manual Penggunaan Aplikasi INAPSI Bimbingan Skripsi - untuk Dosen [update 4 feb 2025]
- [TERBARU] Panduan Penyusunan Laporan Non Reguler [Update 27 Agustus 2024, Berlaku mulai pengajuan proposal bulan September 2024]
- [TERBARU] Template Laporan Scientist [Update 03 September 2024, Berlaku mulai bulan Maret 2024]
- [TERBARU] Template Laporan Non Scientist [Update 03 September 2024, Berlaku mulai bulan Maret 2024]
- Panduan Penyusunan Laporan Non Skripsi [Berlaku sampai Ujian Pendadaran Februari 2024 sebelum tersedia panduan sesuai kompetensi SI]
- Template Proposal Jalur Non Skripsi [Update Maret 2024]
- Form Pengajuan Proposal Jalur Non Skripsi [Update Agustus 2024]
- Panduan Tata Tulis Penyusunan Laporan Skripsi [Panduan tata tulis ini berlaku bagi skripsi reguler maupun non reguler]
- Video Penjelasan Tata Cara Penggunaan Template Non Reguler (Scientist & Non Scientist)
- Sosialisasi Panduan dan Template Non Reguler Prodi Sistem Informasi
- Template Naskah Publikasi Skripsi
- Kalender Akademik
- Pengajuan SIP
- Pengajuan judul
- Perubahan Judul
- Pendaftaran Pendadaran
- Pelaksanaan Pendadaran (Cek video Tips Melakukan Pendadaran disini)
- Melihat Jadwal Pendadaran
- Melihat Hasil Pendadaran
- Syarat Pendaftaran Yudisium
- Hasil Pengumuman Yudisium
- Info Pendaftaran Wisuda
- FAQ Seputar Skripsi SI